Minggu, 10 November 2013

TOTORIAL MS WORD 2007 TUGAS TIK



PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Peradaban manusia yang bersifat dinamis menunutut kita untuk selalu berusaha untuk berjuang hidup di tengah peliknya kondisiglobal yang melanda dunia.        Manusiaharus mampu bersaing  untuk dapat mempertahankan hidupnya. Salah satunya, manusia harus mengikuti kemajuan teknologi untuk mempermudah manusia untuk melakukan aktifitas dalam kehidupannya. Mengingat hal tersebut, maka kita perlu untuk mengikuti perkembangan jaman, salah satunya mampu memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kita dalam melakukan aktifitas.
Microsoft Office Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, table, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Office Word. Microsoft Office Word 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan, sehingga lebih fleksibel digunakan di masa kini. Microsof Office Word juga menyediakan fasilitas penuh terhadap apa yang kita perlukan. Dengan fasilitasnya yang lengkap lengkap ini telah menghantarkan Microsoft Office Word 2007 sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini. Berbeda dari versi sebelumnya seperti seperti Word 2000, XP dan 2003, Word 2007 tidak lagi menyediakan menu bar dengan pull downnya beserta toolbar-toolbar seperti formating, standar dan drawing, tetapi terdiri dari beberapa tab  yang terdiri dari beberapa grup yang masing-masing grup terdiri dari beberapa perintah singkat/icon.
Terkait dengan hal di atas, maka pada kesempatan ini penulis akan membahas makalah yang terlait dengan Microsoft Word.

1.2  Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang di atas, maka adapun rumusan masalah yang yang saya angkat adalah :
1.       Apasajakah bagian-bagian dari operasi file?
2.      Bagaimankah cara mengtur tampilan naskah ?
3.      Bagaimankah cara mengetik dengan kolom Koran?

1.3  Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah:
1.      Untuk mengetahui bagian-bagian yang terkandung dalam operasi file..
2.      Untuk mengetahui cara mengatur tampilan naskah.
3.      Untuk mengetahui cara mengetik kolom Koran.



















BAB II
PEMBAHASAN
C. Oprasi file
1. Menyimpan Dokumen
Segera setelah melalui penulisan sebuah dokumen sedapat mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini bertujuan untuk menghindari  dari hilangnya dokumen. Ada beberapa cara untuk menyimpan file dalam folder computer kalian, antara lain :
v  Click icon atau tekan Alt + F Save As
v  Klik icon Save pada ribbon
v  Tekan Ctrl + S pada keyboard
Kemudian akan ditampilkan kotak Dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen  anda, dan Click Save.
2. Membuka File
Ada beberapa cara untuk membuka file yang telah tersimpan dalam folder computer kalian, antara lain :
Langkah- Langkah :
v  Pilih salah satu cara :
- Dari menu File, pilih Open
- Klik ikon Open pada Toolbar Standard
- Tekan tombol Ctrl + O pada keyboard

v   Muncul kotak dialog Open
v  Cari dan pilih pada kotak Look In, folder/directory dimana file yang ingin dibuka sebelumnya disimpan
v  Pilih file yang ingin dibuka pada tampilan isi directory
v  Tekan tombol Open

Text Box: Gambar 1.1
Dari ketiga cara di atas, akan menghasilkan tampilan kotak . Click tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
a.      Untitled-1.jpgMenyimpan File hasil penyuntingan
v  Klik            office buttom lalu pilih Save As
v  Pilih tempat dimana akan di simpan file tersebut, pada Dokumen misalnya.
v  Ketikkan nama file pada File Name
v  Klik Save
b.      Membuat Dokumen Baru
  Jika kita baru memulai mengoprasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulis, namun, jika computer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, ada 2 cara yang dapat menjadi alternative dalam membuat dokumen baru.
v  Clik icon atau tekan Alt       + F       New       Blank Document
v  Tekan Ctrl + N pada keyboard
c.       Menutup File Dokumen
v  Click    icon atau tekan        Alt + F      Close
v  Klik icon pada ribbon
d.      Menutup Jendela Microsoft Word
Pada saat menutup jendela Microsoft word, anda pastikan terlebih dahulu bahwa dukumen telah tersimpan dengan benar.
v  Click icon atau tekan       Alt + F         Exit Word
v  Click pada kanan atas dari jendela Microsoft Word
e.       Mencari suatu file
Untuk membuka file dokumen yang telah kita simpan langkah-langkahnya:
v  Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Open. (tekan CTRL+O di key)
v   Keduanya akan menampilkan kotak dialog open

f.       Menyisipkan file ke dalam dokumen
Menggabungkan beberapa dokumen Word ke dalam satu dokumen saja. Dengan cara copy-paste biasa buka dokumen sumber, salin isinya, lalu paste di dokumen baru adalah cara yang bisa saja dilakukan, tapi tidak efisien. Jika Anda ingin menyisipkan seluruh isi dokumen sumber ke dokumen utama Anda akan jauh lebih efisien dalam hal waktu jika Anda menggunakan fasilitas menyisipkan file.


Langkah-langkah menyisipkan file ke dalam dokumen adalah :
1)  Bukalah dokumen baru.
2)  Letakkan kursor di bagian yang ingin disisipi dengan isi dokumen lain    dan klik menu [Insert] > [Object] > [ Create from File...].
3) Tentukan lokasi dokumen yang isinya ingin diambil dengan klik Browse lalu klik [Insert] untuk menyisipkan isi file tersebut. Lihat pada gambar berikut :


Untitled-1.jpg
 












D.  Mengatur tampilan Naskah
1.  Format Karakter
Kita dapat menggunakan kotak dialog font untuk mengatur format karakter atau teks. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah berikut :
1.   Pilih(sorot) karakter atau teks yang ingin di format.
2.   Pilih dan klik menu format, font (Ctrl + D) yang selanjutnya akan menampilkan kotak dialog font.
3.   Pada kotak dialog tersebut, klik tab Font untuk mengubah format tampilan huruf.
4.   Pada kotak daftar pilihan Font,  pilih dan klik font yang di inginkan.
5.   Pada kotak daftar pilihan Font Style, pilih dan klik gaya dan tampilan huruf yang diinginkan.
v  Reguler, jenis huruf normal
v  Bold, jenis huruf dicetak tebal.
v  Italic, jenis huruf dicetak miring.
v  Bold Italic, jenis huruf dicetak tebal dan miring.
6.   Pada kotak daftar pilihan Size, pilih dan klik ukuran huruf yang diinginkan atau ketik ukuran huruf pada kotak isian yang tersedia.
7.   Pada tombol daftar pilihan Color, pilih warna huruf yang diinginkan.
8.   Pada tombol daftar pilihan Underline style, pilih jenis garis bawah yang diinginkan. Jika perlu, pada tombol daftar pilihan Underline color, pilih warna garis bawah sesuai dengan keinginan kita.
9.   Beri tanda atau klik kotak cek efek yang diharapkan pada bagian Effecfs.
v  Strikethrough, teks dicetak tercoret dengan garis tunggal.
v  Double strikethrough, teks dicetak tercoret dengan garis ganda.
v  Superscript, teks ditampilkan lebih kecil dan sedikit terangkat ke atas.
v  Subscript, teks ditampilkan lebih kecil dan sedikit turun ke bawah.
v  Shadow, teks disertai dengan bayangan.
v  Outline, teks dengan garis luar pada setiap karakter.
v  Emboss, teks dengan karakter timbul.
v  Engrave, teks dengan karakter dipahat (tertanam).
v  Small caps, huruf capital yang ditampilkan dengan ukuran yang lebih kecil.
v  All caps, semua huruf ditampilkan dengan huruf capital.
v  Hidden, Menyembunyikan teks agar tidak turun tercetak.
10.        Klik OK.

a.      Mengubah tipe huruf /fone dan ukuran karakter
Mengubah Tipe dan Ukuran Teks. Pengubahan jenis dan ukuran huruf (font) di dokumen dapat dilakukan melalui Toolbar Standard atau melalui menu Format. Langkah-langkah melalui Menu Format:
a)      Pilih teks yang ingin diubah
b)      Tekan menu Format lalu klik Font, maka akan muncul kotak dialog Font
c)      Melalui kotak dialog, pilih jenis huruf (Font).
b.      Pemberian evek (cetak tebal,cetak miring, garis bawah, dan sub scrip)
a)      Mengganti Warna Font
v  Blok bagian text yang akan diganti warnanya
v  Klik menu home
v  Pilih icon            Font Color pada tool bar
v  Pilih warna yang akan digunakan
b)      Membuat huruf bercetak tebal
v  Blok bagian text yang akan dicetak tebal
v  Klik menu home
v  Pilih icon              Bold untuk membuat huruf menjadi dicetak tebal
c)      Membuat huruf dicetak miring
v  Blok bagian text yang akan dicetak miring
v  Klik menu home
v  Pilih icon            Italic untuk membuat huruf menjadi dicetak miring
d)     Membuat huruf bergaris bawah
v  Blok bagian text yang akan digaris bawahi
v  Klik menu home
v  Pilih icon            Underline untuk membuat huruf bergaris bawah
e)      Superscript
Superscript berfungsi untuk membuat huruf naik misalnya perpangkatan (m2), klik icon     
f)       Subscript
Subscript berfungsi untuk membuat huruf naik misalnya pada rumus kimia (CO2), klik icon         ..
g)      Disamping itu ada juga effects khusus yang bisa digunakan untuk karakter tertentu. Terdapat berbagai macam pilihan effects yaitu :
v   Strikethrough, memberikan tulisan dengan diberi garis ditengah teks tersebut.
v  Double Strikethrough, sama dengan efek diatas bedanya pada jenis ini garisnya dua.
v  Shadow, digunakan untuk memberikan efek bayangan terhadap teks yang dipilih.
v  Outline, efek dari option ini adalah teks yang dipilih akan ditampilkan hanya kerangkanya saja.
v  Emboss, akan memberikan efek teks tampak seperti menonjol dari yang lain.
v   Engrave, kebalikan dari emboss, jenis ini memberikan efek seperti efek ukiran.
v  Small Caps, memberikan efek huruf dicetak secara kapital tapi ukurannya berbeda dengan huruf yang awalnya ditulis besar dengan yang ditulis kecil.
v  All Caps,akan memberikan efek semua tulisan yang mulanya kita ketik dengan huruf besar dan kecil akan dirubah menjadi huruf besar semua.
v  Hidden, efek dari pilihan ini akan mengakibatkan teks yang pilih tidak tampak dilayar.
c.  Memberi Warna Latar Belakang Font/Teks
a)      Pilih / sorot teks
b)      Klik ikon Highlight pada Toolbar Formating, lalu pilih warna yang diinginkan.

d.   Mengatur spasi antar karakter
Spasi Paragraf = Jarak sebuah paragraf dengan paragraf yang lain Umumnya dibuat cukup dengan cara menekan tombol Enter pada keyboard 1x atau beberapa kali sesuai keinginan ketika kursor berada di akhir paragraf yang pertama/yang atas. Jika ingin mengatur melalui menu Format, maka langkah-langkahnya sbb :
a)   Tempatkan kursor di paragraf yang akan diatur
b)   Dari menu Format, klik Paragraph. Kotak dialog Paragraph akan tampil
c)    Klik Tab Indents and Spacing
d)  Di bagian Spacing, pada kotak Before, pilih jarak antara paragraf sebelumnya dengan paragraf yang dipilih
e)   Pada kotak After, pilih jarak antara paragraf yang dipilih dengan paragraf sesudahnya.
f)    Klik tombol OK
Text Box: Gambar 1.3
Mengatur Spasi Baris Spasi Baris = Jarak vertikal antara sebuah baris dengan baris yang lain dalam sebuah paragraf Langkah2 mengatur spasi baris :
v  Bloklah paragraf yang ingin diatur spasi barisnya
v  Dari menu Format, klik Paragraph. Kotak dialog Paragraph akan tampil
v  Klik Tab Indents and Spacing
v  Di kotak Line Spacing, pilih tipe spasi baris yang diinginkan
v  Klik tombol OK
Berbagai tipe spasi baris : Single = 1 spasi 1,5 Lines = 1.5 spasi Double = 2 spasi At Least = Spasi ditentukan berdasarkan ukuran minimum baris berisikan font dengan ukuran paling besar Exactly = Spasi ditentukan secara tetap tanpa penyesuaian ukuran font Multiple = Spasi ditentukan berdasarkan persentase.
e.       Menyalin format karakter
Misalkan sebuah paragrap dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 12 di bold, align center spasi 1,5 akan dicopy pengaturan tersebut ke paragrap lain atau paragrap baru tanpa menyalin teksnya, maka:
a)Letakkan insertion point pada paragraf tersebut (yang akan dicopy formatnya).
b)   Klik perintah Format Painter pada tab home di group clipboard maka pointer mouse    berbentuk seperti sapu.
c)Lalu klikkan pada paragrap baru (yang akan disamakan formatnya).
d)  Atau bisa dengan tekan CTRL + SHIFT + C di keyboard lalu sorot paragrap yang baru. (paragrap yang ada atau yang baru setelah menekan tombol enter). Kemudian tekan CTRL+ SHIFT + V.
f.       Menghilangkan format karakter
a)      Blok karakter yang ingin di hilangkan formatnya,
b)      kemudian tekan CTRL+ Q.

1.      Format Paragraf
a.   Melalui menu bar
a)    Mengatur spasi paragraf
v  Mulailah dengan langkah membuka dokumen kerja yang paragrafnya ingin kita atur.
v  Cobalah buka Dokumen Kerja, kemudian pilihlah paragraf yang akan kita format.
v  Kemudian kliklah menu spasi pada menu paragraph, kemudian pilihlah spasi yang diinginkan 1.0, 1.15, 1.5, 2.0, 2.5 atau 3.0.  
b)    Mengatur perataan paragraf
v  Drag atau pilihlah teks dari paragraf yang akan kita atur perataannya.
Kemudian klik salah satu perataan paragraf yang tersedia pada menu Home atau tekan Ctrl+L (untuk perataan kiri), Ctrl+R (untuk perataan kanan), Ctrl+E (untuk perataan tengah), Ctrl+J (untuk perataan penyesuaian kanan & kiri).
b.   Melalui ruler line dan tool bar

a)          Fisrt Line Indent berfungsi untuk menentukan garis pertama pada paragraf.
b)         Hanging Indent berfungsi untuk membuat indentasi gantung, yang diindentasi adalah baris. lain selain baris pertama.
c)         Left Indent berfungsi untuk untuk menentukan letak indentasi dari margin kiri.
d)        Right Indent berfungsi untuk untuk menentukan letak indentasi dari margin kanan.
e)         Apabila ruler belum muncul pada lembar kerja kita, maka klik tab view lalu centang kotak Ruler pada grup Show/Hide.

c.    Penomoran otomatis, numbering dan bullet
Untuk membuat penomoran otomatis pada suatu rincian, caranya:
a)         Pilihlah paragraf yang akan diberikan penomoran.
b)         Klik tab Home, pada grup Paragraph, klik tanda panah Numbering .
c)         Klik jenis penomoran yang diingikan. Namun apabila penomoran tersebut tidak ada dalam pilihan, maka klik Define New Number Format, maka muncul kotak dialog berikut:
d)        Pilihan number style, adalah untuk menentukan jenis penomoran yang ingin digunakan
e)         Pada pilihan font, adalah untuk menetukan format penomoran.
f)          Pada pilihan alignment adalah untuk menentukan perataan penomoran, bukan perata.



Ø Bullet dan Numbering
Sebuah simbol yang mengawali penulisan baris paragraf disebut bullets.
Text Box: Gambar 1.4bullets

Ø Untuk memberi bullets, langkah-langkahnya sebagai berikut:
a)      Blok terlebih dahulu paragraf yang ingin diberi bullet.
b)      Klik menu Format                 Bullets and Numbering (Alt+N)
c)      Klik Tab Bulleted                 klik jenis bullet yang dinginkan.
d)     Akhiri dengan meng-klik tombol OK.
Apabila dari beberapa pilihan tersebut tidak ada yang sesuai dengan keinginan, kita dapat meng-klik tombol customize, hingga muncul jendela Customize Bulleted List seperti tampak pada gambar.
v   Tombol Character untuk memilih bentuk bullets
v   Tombol Bullets position Indent at untuk menentukan jarak antara batas margin kiri dengan bullet.
v   Text Position-Indent at untuk menentukan jarak antara Bullets dengan teks. Kotak preview untuk menampilkan tampilan sementara dan bentuk bullet beserta format seperti yang telah Anda tentukan klik OK.
Ø Pemberian nomor yang mengawali penulisan baris paragraf disebut dengan numbering. Untuk memberi numbering, langkahnya sebagai berikut:
a.       Blok terlebih dahulu paragraf yang ingin Anda beri nomor.
b.      Klik menu Format                 Bullet and Numbering (Alt+N)
c.       Klik tab Numbered klik jenis penomoran yang Anda inginkan.
d.      Akhiri dengan meng-klik tombol OK.
e.       Apabila dari beberapa pilihan tersebut tidak ada yang sesuai dengan keinginan, kita dapat meng-klik tombol Customize, hingga muncul jendela Customize Bulleted List .
v  Tombol Daftar pilihan Number Style untuk memilih bentuk bullets.
v  Start at untuk menentukan nomor awal yang Anda inginkan.
v  Pada tombol daftar pilihan Number position, pilih dan klik perataan dari nomor yang diinginkan.
v  Pada kotak isian Aligned at, tentukan posisi awal perataan tersebut terhadap margin kiri.
v  Pada bagian Text position, tentukan jarak indentasi teks terhadap margin kiri pada kotak isian Indent at klik OK
2.      Teks drooped capital
Drop cap atau dropped capital letter adalah huruf atau kata pertama dalam paragraph yang ditampilkan lebih besar dan mencolok. Untuk memberikan drop cap pada awal paragraph, ikuti langkah-langkah berikut ini :
a.    Pilih (sorot) huruf atau kata pertama dari paragraph yang akan dijadikan drop cap.
b.   Pilih dan klik menu Format,Drop Cap sehingga kotak dialog Drop Cap ditampilkan.
c.    Pada bagian Position, pilih dan klik bentuk Drop Cap yang diinginkan.
·         None, untuk membatalkan pemberian drop cap.
·         Dropped, agar drop cap rata dengan margin kiri.
·         In Margin, agar drop cap berada di dalam margin kiri.
d.   Pada bagian Option, kita dapat melakukan berbagai pengaturan pada drop cap tersebut .
v  Pada tombol daftar pilihan Font, pilih dan klik jenis huruf yang diinginkan.
v  Pada kotak isian Line to drop, tentukan jumlah baris (tinggi) yang diinginkan sebagai tempat drop cap tersebut.
f.    Klik OK
a.Cara membuat DropCap
v  Pilih huruf pertama dari paragraf.
v  Pada Insert tab, Text group, klik Drop Cap.


 




v  Pilih posisi Drop Cap:
v  Dropped: Drop Cap ditempatkan dalam paragraf.
v   In margin: Drop Cap ditempatkan dalam margin.
v  Ulangi langkah-langkah di atas bila ingin mengganti posisi Drop Cap.
b.      Cara edit DropCap
v  Pilih Drop Cap yang ingin diubah.
v  Pada Insert tab, Text group, klik Drop Cap dan pilih Drop Cap Options.





 








v  Pada bagian Position, atur posisi Drop Cap yang diinginkan.
v  Pada bagian Options, pilih:  Font: untuk mengubah tipe font Lines to drop: untuk mengatur tinggi baris Drop Cap, Distance from text: untuk mengatur jarak Drop Cap dengan teks dalam paragraf.
v  Klik OK bilas sudah selesai.
3.      Mengatur tabulasi
a.   Melalui ruler line
Mengatur jarak tabulasi dan mengubah Macam tabulasinya yaitu dengan cara klik pada tabulasi yang ada pada logo tab yang ada disebelah kiri atas pengaris dan pilih sesuai dengan keinginan seperti gambar dibawah ini.
Mengatur jarak tabulasi dan mengubah Macam tabulasinya yaitu dengan cara klik pada tabulasi yang ada pada logo tab yang ada disebelah kiri atas pengaris dan pilih sesuai dengan keinginan seperti gambar dibawah ini.
indent_003.jpg
Membuat tabulasi perataan kiri
indent_004.jpg
Membuat tabulasi perataan tengah
indent_005.jpg
Membuat tabulasi perataan tengah
Sedangkan cara membuat tabulasi dengan cara klik kiri satu kali pada pengaris/ruler dan secara otomatis akan muncul logo/lambang tabulasi. Sedangkan untuk mengeser tabulasinya tinggal tahan klik kiri dan geser (drag) sesuai dengan keinginan kita.
Dalam MS WORD, tabulasi atau disingkat tab sangat berperan dalam merapikan dokumen. Kita yang terbiasa menggunakan ms-word sudah pasti mengenal fungsi tab tersebut. Karena sangat berperan penting, maka akan diterangkan lebih jauh fungsi penggunaannya.

Fungsi tab ini antara lain untuk meratakan kata atau pun kalimat, bahkan satu huruf (karakter). Kali ini kita akan membuat sesuatu yang berbeda, namun sering digunakan
a)      Tab rata kiri, perhatikan tanda lingkaran merah dan kotak.
b)      Tab rata kanan, perhatikan tanda lingkaran merah dan kotak.

Text Box: Gambar 1.7tab3





c) Tab rata tengah, perhatikan tanda lingkaran merah dan kotak.
Text Box: Gambar 1.8tab4
Sedangkan cara membuat tabulasi dengan cara klik kiri satu kali pada pengaris/ruler dan secara otomatis akan muncul logo/lambang tabulasi. Sedangkan untuk mengeser tabulasinya tinggal tahan klik kiri dan geser (drag) sesuai dengan keinginan kita.
b.      Menu bar
Membuat Tanda Tabulasi secara Langsung dengan Mouse pada Mistar (Ruler) Langkah2 untuk menentukan sendiri secara langsung posisi tabulasi di Ruler :
a.       Di mistar (ruler), letakkan pointer mouse pada posisi skala (ukuran jarak) yang diinginkan
b.      Klik kiri mouse satu kali pada skala tsb, shg muncul tanda tab Left Tab ( ∟ ) pada mistar
c.       Untuk membuat lagi tanda tab di skala yang lain, lakukan hal yang sama seperti diatas
Memunculkan Kotak Dialog Tabs Langsung melalui Tanda Tabs di Mistar (Ruler) Langkah-langkah :
v  Letakkan pointer mouse diatas salah satu tanda tabulasi di mistar
v  Klik kiri mouse dua kali secara cepat, maka akan muncul kotak dialog Tabs
v  Lakukan pengaturan tabs sesuai keinginan
Menghapus Tanda Tabulasi pada Mistar (Ruler) Langkah-langkah :
v  Tekan dan tahan tombol mouse pada tanda Tab yang ingin dihilangkan yang ada di mistar, kemudian geser ke bawah hingga tanda tabulasinya hilang.
c.       Melalui loder karakter
Adalah karakter yang mengikuti Tab yang kita telah kita tempatkan. Contoh penggunaan Leader ini dapat kita temukan pada sebuah Daftar Isi, dimana ada karakter berupa titik-titik sebelum nomor halaman pada daftar isi tersebut.
a)      Tempatkan kursor pada posisi awal penggunaan tab stop
b)       Pada Tab Home, dalam Group Paragraph, klik Paragraph Dialog Box Launcher yang berbentuk icon kecil yang ada disudut kanan bawah.
c)       h.jpgPada kotak Dialog Paragraph, klik tombol perintah Tabs.Kotak dialog Tabs akan ditampilkan.







Text Box: Gambar 1.8
 


d)     Isilah kotak isian Tab stop position seperti yang diinginkan
e)      Klik salah satu jenis perataan pada area Alignment.
f)       Klik salah satu Leader
v  None, jika tidak memakai karakter leader
v  ........, jika memakai karakter pendahulu (leader) titik
v  - - - -, jika memakai karakter pendahulu (leader) tanda hubung
v  ____, jika memakai karakter pendahulu (leader) tanda garis bawah
g)      Klik tombol Set untuk menuliskan tabulasi
h)      Akhiri dengan meng-klik tombol OK

4.      Menghapus atau memindahkan tab stop
a.      Melalui ruler
Dengan cara menyeret simbol tabulasi ke luar ruler, jika ingin memindahkan tab stop, cukup dengan klik simbol tabulasi yang ada di dalam ruler, kemudian pindahkan ke kiri atau ke kanan sesuai yang diinginkan.
Text Box: Gambar 1.9tabs 1





b.      Melalui menu format art
Jika ingin menghapus atau memindahkan tabulasi pada menu format tab cara adalah :
v  Untitled-1.jpgPada menu bar home cari paragraf kemudian pada kotak dialog paragraf klik tabs dan akan muncul kotak dialog tabs. Lihat pada gambar:






Text Box: Gambar 1.10
 


v  Jika ingin menghapus satu tabulasi , cukup tekan clear dan jika ingin menghapus semua tabulasi klik clear all.
v  Untuk memindahkan tabulasi ,tinggal rubah angka atau jarak yang anda ingin kan pada kolom tab stop position.
E. Mengetik dengan kolom koran
Setiap pagi sebagian orang memiliki kebiasaan yang sangat bagus yaitu membaca koran, agar kita dapat mengetahui kejadian-kejadian yang telah terjadi di lingkungan kita. Disamping kita sebagai pembaca koran, mungkin suatu saat akan membutuhkan format tulisan seperti di koran. Oleh karena itu dalam tulisan ini saya akan membahas mengenai hal ini.
1.      Membuat kolom koran equel (lebar sama)
a.      Pilih menu Page Layout , Page Setup grup, klik Columns.
b.      Pilih Two untuk membuat dua kolom yang lebarnya sama
c.       Klik ok.

Untitled-1.jpg 








Text Box: Gambar 1.11    Contoh kolom koran yang lebarnya sama.

2.      Membuat kolom koran unequel (lebar tidak sama)
a.       Pilih menu Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.
b.      Pilih left  atau right sesuai yang anda inginkan, untuk membuat kolom koran yang lebarnya tidak sama. Jika memilih left untuk membuat kolom ke kiri lebih sempit, dan jika memilih right untuk membuat kolom ke kanan lebih sempit.


Untitled-1.jpg
 



                

                 

Text Box: Gambar 1.12Contoh kolom koran yang lebarnya tidak sama (left)

3.      Menampilkan naskah dengan model kolom pada layar penyuntingan
Untuk menampilkan model kolom langkah-langkahnya:
a.    Blok naskah yang ingin dibuat berkolom
b.   Klik page layout,
c.    Columns,di panahnya

Text Box: Gambar 1.13
d.   Pilih salah satu model kolom,klik dan lihat di monitor kerja anda hasilnya.
4.      Penyuntingan kolom
a.      Mengubah lebar kolom
a)          Pilih menu Page Layout tab, Page Setup grup, klik More Columns untuk menampilkan kotak dialog Columns.






Text Box: Gambar 1.14
 



b)      Untuk mengatur lebar kolom, ubah angka pada kotak Width.
c)      Untuk mengatur jarak antar kolom, ubah angka pada kotak Spacing.
d)     Klik OK bila sudah selesai.

b.      Mengubah lebar kolom dari equal ke anexequal
Untuk mengedit atau mengubah lebar kolom langkah-langkahnya:
a)      Blok naskah yang ingin di buat kolom
b)      Klik columns ditoolbar di sub menu page layout

Text Box: Gambar 1.15
c)   Klik more colums
d)   Ubah satuan atau ukuran Width sesuai keinginan
e)   Klik OK jika telah pas.

c.       Mengubah jumlah kolom
a)   Klik pada bagian kolom yang ingin diganti jumlahnya.
b)  Pilih menu Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.
c)   Pilih jumlah kolom yang diinginkan.
v  One - 1 kolom.
v  Two - 2 kolom.
v   Three - 3 kolom.


v  Left - untuk membuat kolom kiri lebih sempit (hanya untuk 2 -   kolom).


 















                                                                                         









BAB III
PENUTUP
3.1  Simpulan
Adapun simpulan dari makalah di atas adalah:
A. Operasi file meliputi:
1.            Menyimpan dokumen
2.            Membuka file
3.            Menyimpan file hasil penyuntingan
4.            Membuat dokumen baru
5.            Menutup dokumen
6.            Keluar dari microsoft word
7.            Mencari suatu file
8.            Menyisipkan file ke dalam dokumen
B.     Mengatur Tampilan Naskah meliputi:
1.                                                                                    Format karakter
2.                                                                                    Format paragraph
3.                                                                                    Drop Capital
4.                                                                                    Mengatur tabulasi
5.                                                                                    Menghapus dan memindahkan tab stop
C.     Mengetik dengan Kolom Koran
1.                  Membuat kolom koran equel (lebar sama)
2.                  Membuat kolom koran unequel (lebar tidak sama)
3.                  Menampilkan naskah dengan model kolom pada layar penyuntingan
4.                  Penyuntingan kolom

3.2  Saran
   Adapun saran yang dapat saya sampaikan adalah:
1.   Kita sebagai mahluk social dan dinamis, harus mampu mengikuti alur perkembangan teknologi, guna membantu kita agar lebih mudah dalam melakukakn aktifitas sehari-hari.
2.   Kita sebagai calon guru SD pada khususnya, harus memahami betul bagaimana cara mengoperasikan Microsoft word, agar pada nantinya kita mampu memperkenalkan dan membelajarkan kepada siswa.



Minggu, 10 November 2013

TOTORIAL MS WORD 2007 TUGAS TIK



PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Peradaban manusia yang bersifat dinamis menunutut kita untuk selalu berusaha untuk berjuang hidup di tengah peliknya kondisiglobal yang melanda dunia.        Manusiaharus mampu bersaing  untuk dapat mempertahankan hidupnya. Salah satunya, manusia harus mengikuti kemajuan teknologi untuk mempermudah manusia untuk melakukan aktifitas dalam kehidupannya. Mengingat hal tersebut, maka kita perlu untuk mengikuti perkembangan jaman, salah satunya mampu memanfaatkan teknologi untuk mempermudah kita dalam melakukan aktifitas.
Microsoft Office Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, table, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Office Word. Microsoft Office Word 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan, sehingga lebih fleksibel digunakan di masa kini. Microsof Office Word juga menyediakan fasilitas penuh terhadap apa yang kita perlukan. Dengan fasilitasnya yang lengkap lengkap ini telah menghantarkan Microsoft Office Word 2007 sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini. Berbeda dari versi sebelumnya seperti seperti Word 2000, XP dan 2003, Word 2007 tidak lagi menyediakan menu bar dengan pull downnya beserta toolbar-toolbar seperti formating, standar dan drawing, tetapi terdiri dari beberapa tab  yang terdiri dari beberapa grup yang masing-masing grup terdiri dari beberapa perintah singkat/icon.
Terkait dengan hal di atas, maka pada kesempatan ini penulis akan membahas makalah yang terlait dengan Microsoft Word.

1.2  Rumusan Masalah
Bertitik tolak dari latar belakang di atas, maka adapun rumusan masalah yang yang saya angkat adalah :
1.       Apasajakah bagian-bagian dari operasi file?
2.      Bagaimankah cara mengtur tampilan naskah ?
3.      Bagaimankah cara mengetik dengan kolom Koran?

1.3  Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah:
1.      Untuk mengetahui bagian-bagian yang terkandung dalam operasi file..
2.      Untuk mengetahui cara mengatur tampilan naskah.
3.      Untuk mengetahui cara mengetik kolom Koran.



















BAB II
PEMBAHASAN
C. Oprasi file
1. Menyimpan Dokumen
Segera setelah melalui penulisan sebuah dokumen sedapat mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini bertujuan untuk menghindari  dari hilangnya dokumen. Ada beberapa cara untuk menyimpan file dalam folder computer kalian, antara lain :
v  Click icon atau tekan Alt + F Save As
v  Klik icon Save pada ribbon
v  Tekan Ctrl + S pada keyboard
Kemudian akan ditampilkan kotak Dialog Save As. Ketikkan nama file dokumen  anda, dan Click Save.
2. Membuka File
Ada beberapa cara untuk membuka file yang telah tersimpan dalam folder computer kalian, antara lain :
Langkah- Langkah :
v  Pilih salah satu cara :
- Dari menu File, pilih Open
- Klik ikon Open pada Toolbar Standard
- Tekan tombol Ctrl + O pada keyboard

v   Muncul kotak dialog Open
v  Cari dan pilih pada kotak Look In, folder/directory dimana file yang ingin dibuka sebelumnya disimpan
v  Pilih file yang ingin dibuka pada tampilan isi directory
v  Tekan tombol Open

Text Box: Gambar 1.1
Dari ketiga cara di atas, akan menghasilkan tampilan kotak . Click tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
a.      Untitled-1.jpgMenyimpan File hasil penyuntingan
v  Klik            office buttom lalu pilih Save As
v  Pilih tempat dimana akan di simpan file tersebut, pada Dokumen misalnya.
v  Ketikkan nama file pada File Name
v  Klik Save
b.      Membuat Dokumen Baru
  Jika kita baru memulai mengoprasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulis, namun, jika computer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, ada 2 cara yang dapat menjadi alternative dalam membuat dokumen baru.
v  Clik icon atau tekan Alt       + F       New       Blank Document
v  Tekan Ctrl + N pada keyboard
c.       Menutup File Dokumen
v  Click    icon atau tekan        Alt + F      Close
v  Klik icon pada ribbon
d.      Menutup Jendela Microsoft Word
Pada saat menutup jendela Microsoft word, anda pastikan terlebih dahulu bahwa dukumen telah tersimpan dengan benar.
v  Click icon atau tekan       Alt + F         Exit Word
v  Click pada kanan atas dari jendela Microsoft Word
e.       Mencari suatu file
Untuk membuka file dokumen yang telah kita simpan langkah-langkahnya:
v  Klik tombol Microsoft Office , lalu klik Open. (tekan CTRL+O di key)
v   Keduanya akan menampilkan kotak dialog open

f.       Menyisipkan file ke dalam dokumen
Menggabungkan beberapa dokumen Word ke dalam satu dokumen saja. Dengan cara copy-paste biasa buka dokumen sumber, salin isinya, lalu paste di dokumen baru adalah cara yang bisa saja dilakukan, tapi tidak efisien. Jika Anda ingin menyisipkan seluruh isi dokumen sumber ke dokumen utama Anda akan jauh lebih efisien dalam hal waktu jika Anda menggunakan fasilitas menyisipkan file.


Langkah-langkah menyisipkan file ke dalam dokumen adalah :
1)  Bukalah dokumen baru.
2)  Letakkan kursor di bagian yang ingin disisipi dengan isi dokumen lain    dan klik menu [Insert] > [Object] > [ Create from File...].
3) Tentukan lokasi dokumen yang isinya ingin diambil dengan klik Browse lalu klik [Insert] untuk menyisipkan isi file tersebut. Lihat pada gambar berikut :


Untitled-1.jpg
 












D.  Mengatur tampilan Naskah
1.  Format Karakter
Kita dapat menggunakan kotak dialog font untuk mengatur format karakter atau teks. Untuk melakukan hal ini, ikuti langkah-langkah berikut :
1.   Pilih(sorot) karakter atau teks yang ingin di format.
2.   Pilih dan klik menu format, font (Ctrl + D) yang selanjutnya akan menampilkan kotak dialog font.
3.   Pada kotak dialog tersebut, klik tab Font untuk mengubah format tampilan huruf.
4.   Pada kotak daftar pilihan Font,  pilih dan klik font yang di inginkan.
5.   Pada kotak daftar pilihan Font Style, pilih dan klik gaya dan tampilan huruf yang diinginkan.
v  Reguler, jenis huruf normal
v  Bold, jenis huruf dicetak tebal.
v  Italic, jenis huruf dicetak miring.
v  Bold Italic, jenis huruf dicetak tebal dan miring.
6.   Pada kotak daftar pilihan Size, pilih dan klik ukuran huruf yang diinginkan atau ketik ukuran huruf pada kotak isian yang tersedia.
7.   Pada tombol daftar pilihan Color, pilih warna huruf yang diinginkan.
8.   Pada tombol daftar pilihan Underline style, pilih jenis garis bawah yang diinginkan. Jika perlu, pada tombol daftar pilihan Underline color, pilih warna garis bawah sesuai dengan keinginan kita.
9.   Beri tanda atau klik kotak cek efek yang diharapkan pada bagian Effecfs.
v  Strikethrough, teks dicetak tercoret dengan garis tunggal.
v  Double strikethrough, teks dicetak tercoret dengan garis ganda.
v  Superscript, teks ditampilkan lebih kecil dan sedikit terangkat ke atas.
v  Subscript, teks ditampilkan lebih kecil dan sedikit turun ke bawah.
v  Shadow, teks disertai dengan bayangan.
v  Outline, teks dengan garis luar pada setiap karakter.
v  Emboss, teks dengan karakter timbul.
v  Engrave, teks dengan karakter dipahat (tertanam).
v  Small caps, huruf capital yang ditampilkan dengan ukuran yang lebih kecil.
v  All caps, semua huruf ditampilkan dengan huruf capital.
v  Hidden, Menyembunyikan teks agar tidak turun tercetak.
10.        Klik OK.

a.      Mengubah tipe huruf /fone dan ukuran karakter
Mengubah Tipe dan Ukuran Teks. Pengubahan jenis dan ukuran huruf (font) di dokumen dapat dilakukan melalui Toolbar Standard atau melalui menu Format. Langkah-langkah melalui Menu Format:
a)      Pilih teks yang ingin diubah
b)      Tekan menu Format lalu klik Font, maka akan muncul kotak dialog Font
c)      Melalui kotak dialog, pilih jenis huruf (Font).
b.      Pemberian evek (cetak tebal,cetak miring, garis bawah, dan sub scrip)
a)      Mengganti Warna Font
v  Blok bagian text yang akan diganti warnanya
v  Klik menu home
v  Pilih icon            Font Color pada tool bar
v  Pilih warna yang akan digunakan
b)      Membuat huruf bercetak tebal
v  Blok bagian text yang akan dicetak tebal
v  Klik menu home
v  Pilih icon              Bold untuk membuat huruf menjadi dicetak tebal
c)      Membuat huruf dicetak miring
v  Blok bagian text yang akan dicetak miring
v  Klik menu home
v  Pilih icon            Italic untuk membuat huruf menjadi dicetak miring
d)     Membuat huruf bergaris bawah
v  Blok bagian text yang akan digaris bawahi
v  Klik menu home
v  Pilih icon            Underline untuk membuat huruf bergaris bawah
e)      Superscript
Superscript berfungsi untuk membuat huruf naik misalnya perpangkatan (m2), klik icon     
f)       Subscript
Subscript berfungsi untuk membuat huruf naik misalnya pada rumus kimia (CO2), klik icon         ..
g)      Disamping itu ada juga effects khusus yang bisa digunakan untuk karakter tertentu. Terdapat berbagai macam pilihan effects yaitu :
v   Strikethrough, memberikan tulisan dengan diberi garis ditengah teks tersebut.
v  Double Strikethrough, sama dengan efek diatas bedanya pada jenis ini garisnya dua.
v  Shadow, digunakan untuk memberikan efek bayangan terhadap teks yang dipilih.
v  Outline, efek dari option ini adalah teks yang dipilih akan ditampilkan hanya kerangkanya saja.
v  Emboss, akan memberikan efek teks tampak seperti menonjol dari yang lain.
v   Engrave, kebalikan dari emboss, jenis ini memberikan efek seperti efek ukiran.
v  Small Caps, memberikan efek huruf dicetak secara kapital tapi ukurannya berbeda dengan huruf yang awalnya ditulis besar dengan yang ditulis kecil.
v  All Caps,akan memberikan efek semua tulisan yang mulanya kita ketik dengan huruf besar dan kecil akan dirubah menjadi huruf besar semua.
v  Hidden, efek dari pilihan ini akan mengakibatkan teks yang pilih tidak tampak dilayar.
c.  Memberi Warna Latar Belakang Font/Teks
a)      Pilih / sorot teks
b)      Klik ikon Highlight pada Toolbar Formating, lalu pilih warna yang diinginkan.

d.   Mengatur spasi antar karakter
Spasi Paragraf = Jarak sebuah paragraf dengan paragraf yang lain Umumnya dibuat cukup dengan cara menekan tombol Enter pada keyboard 1x atau beberapa kali sesuai keinginan ketika kursor berada di akhir paragraf yang pertama/yang atas. Jika ingin mengatur melalui menu Format, maka langkah-langkahnya sbb :
a)   Tempatkan kursor di paragraf yang akan diatur
b)   Dari menu Format, klik Paragraph. Kotak dialog Paragraph akan tampil
c)    Klik Tab Indents and Spacing
d)  Di bagian Spacing, pada kotak Before, pilih jarak antara paragraf sebelumnya dengan paragraf yang dipilih
e)   Pada kotak After, pilih jarak antara paragraf yang dipilih dengan paragraf sesudahnya.
f)    Klik tombol OK
Text Box: Gambar 1.3
Mengatur Spasi Baris Spasi Baris = Jarak vertikal antara sebuah baris dengan baris yang lain dalam sebuah paragraf Langkah2 mengatur spasi baris :
v  Bloklah paragraf yang ingin diatur spasi barisnya
v  Dari menu Format, klik Paragraph. Kotak dialog Paragraph akan tampil
v  Klik Tab Indents and Spacing
v  Di kotak Line Spacing, pilih tipe spasi baris yang diinginkan
v  Klik tombol OK
Berbagai tipe spasi baris : Single = 1 spasi 1,5 Lines = 1.5 spasi Double = 2 spasi At Least = Spasi ditentukan berdasarkan ukuran minimum baris berisikan font dengan ukuran paling besar Exactly = Spasi ditentukan secara tetap tanpa penyesuaian ukuran font Multiple = Spasi ditentukan berdasarkan persentase.
e.       Menyalin format karakter
Misalkan sebuah paragrap dengan jenis huruf Times New Roman ukuran 12 di bold, align center spasi 1,5 akan dicopy pengaturan tersebut ke paragrap lain atau paragrap baru tanpa menyalin teksnya, maka:
a)Letakkan insertion point pada paragraf tersebut (yang akan dicopy formatnya).
b)   Klik perintah Format Painter pada tab home di group clipboard maka pointer mouse    berbentuk seperti sapu.
c)Lalu klikkan pada paragrap baru (yang akan disamakan formatnya).
d)  Atau bisa dengan tekan CTRL + SHIFT + C di keyboard lalu sorot paragrap yang baru. (paragrap yang ada atau yang baru setelah menekan tombol enter). Kemudian tekan CTRL+ SHIFT + V.
f.       Menghilangkan format karakter
a)      Blok karakter yang ingin di hilangkan formatnya,
b)      kemudian tekan CTRL+ Q.

1.      Format Paragraf
a.   Melalui menu bar
a)    Mengatur spasi paragraf
v  Mulailah dengan langkah membuka dokumen kerja yang paragrafnya ingin kita atur.
v  Cobalah buka Dokumen Kerja, kemudian pilihlah paragraf yang akan kita format.
v  Kemudian kliklah menu spasi pada menu paragraph, kemudian pilihlah spasi yang diinginkan 1.0, 1.15, 1.5, 2.0, 2.5 atau 3.0.  
b)    Mengatur perataan paragraf
v  Drag atau pilihlah teks dari paragraf yang akan kita atur perataannya.
Kemudian klik salah satu perataan paragraf yang tersedia pada menu Home atau tekan Ctrl+L (untuk perataan kiri), Ctrl+R (untuk perataan kanan), Ctrl+E (untuk perataan tengah), Ctrl+J (untuk perataan penyesuaian kanan & kiri).
b.   Melalui ruler line dan tool bar

a)          Fisrt Line Indent berfungsi untuk menentukan garis pertama pada paragraf.
b)         Hanging Indent berfungsi untuk membuat indentasi gantung, yang diindentasi adalah baris. lain selain baris pertama.
c)         Left Indent berfungsi untuk untuk menentukan letak indentasi dari margin kiri.
d)        Right Indent berfungsi untuk untuk menentukan letak indentasi dari margin kanan.
e)         Apabila ruler belum muncul pada lembar kerja kita, maka klik tab view lalu centang kotak Ruler pada grup Show/Hide.

c.    Penomoran otomatis, numbering dan bullet
Untuk membuat penomoran otomatis pada suatu rincian, caranya:
a)         Pilihlah paragraf yang akan diberikan penomoran.
b)         Klik tab Home, pada grup Paragraph, klik tanda panah Numbering .
c)         Klik jenis penomoran yang diingikan. Namun apabila penomoran tersebut tidak ada dalam pilihan, maka klik Define New Number Format, maka muncul kotak dialog berikut:
d)        Pilihan number style, adalah untuk menentukan jenis penomoran yang ingin digunakan
e)         Pada pilihan font, adalah untuk menetukan format penomoran.
f)          Pada pilihan alignment adalah untuk menentukan perataan penomoran, bukan perata.



Ø Bullet dan Numbering
Sebuah simbol yang mengawali penulisan baris paragraf disebut bullets.
Text Box: Gambar 1.4bullets

Ø Untuk memberi bullets, langkah-langkahnya sebagai berikut:
a)      Blok terlebih dahulu paragraf yang ingin diberi bullet.
b)      Klik menu Format                 Bullets and Numbering (Alt+N)
c)      Klik Tab Bulleted                 klik jenis bullet yang dinginkan.
d)     Akhiri dengan meng-klik tombol OK.
Apabila dari beberapa pilihan tersebut tidak ada yang sesuai dengan keinginan, kita dapat meng-klik tombol customize, hingga muncul jendela Customize Bulleted List seperti tampak pada gambar.
v   Tombol Character untuk memilih bentuk bullets
v   Tombol Bullets position Indent at untuk menentukan jarak antara batas margin kiri dengan bullet.
v   Text Position-Indent at untuk menentukan jarak antara Bullets dengan teks. Kotak preview untuk menampilkan tampilan sementara dan bentuk bullet beserta format seperti yang telah Anda tentukan klik OK.
Ø Pemberian nomor yang mengawali penulisan baris paragraf disebut dengan numbering. Untuk memberi numbering, langkahnya sebagai berikut:
a.       Blok terlebih dahulu paragraf yang ingin Anda beri nomor.
b.      Klik menu Format                 Bullet and Numbering (Alt+N)
c.       Klik tab Numbered klik jenis penomoran yang Anda inginkan.
d.      Akhiri dengan meng-klik tombol OK.
e.       Apabila dari beberapa pilihan tersebut tidak ada yang sesuai dengan keinginan, kita dapat meng-klik tombol Customize, hingga muncul jendela Customize Bulleted List .
v  Tombol Daftar pilihan Number Style untuk memilih bentuk bullets.
v  Start at untuk menentukan nomor awal yang Anda inginkan.
v  Pada tombol daftar pilihan Number position, pilih dan klik perataan dari nomor yang diinginkan.
v  Pada kotak isian Aligned at, tentukan posisi awal perataan tersebut terhadap margin kiri.
v  Pada bagian Text position, tentukan jarak indentasi teks terhadap margin kiri pada kotak isian Indent at klik OK
2.      Teks drooped capital
Drop cap atau dropped capital letter adalah huruf atau kata pertama dalam paragraph yang ditampilkan lebih besar dan mencolok. Untuk memberikan drop cap pada awal paragraph, ikuti langkah-langkah berikut ini :
a.    Pilih (sorot) huruf atau kata pertama dari paragraph yang akan dijadikan drop cap.
b.   Pilih dan klik menu Format,Drop Cap sehingga kotak dialog Drop Cap ditampilkan.
c.    Pada bagian Position, pilih dan klik bentuk Drop Cap yang diinginkan.
·         None, untuk membatalkan pemberian drop cap.
·         Dropped, agar drop cap rata dengan margin kiri.
·         In Margin, agar drop cap berada di dalam margin kiri.
d.   Pada bagian Option, kita dapat melakukan berbagai pengaturan pada drop cap tersebut .
v  Pada tombol daftar pilihan Font, pilih dan klik jenis huruf yang diinginkan.
v  Pada kotak isian Line to drop, tentukan jumlah baris (tinggi) yang diinginkan sebagai tempat drop cap tersebut.
f.    Klik OK
a.Cara membuat DropCap
v  Pilih huruf pertama dari paragraf.
v  Pada Insert tab, Text group, klik Drop Cap.


 




v  Pilih posisi Drop Cap:
v  Dropped: Drop Cap ditempatkan dalam paragraf.
v   In margin: Drop Cap ditempatkan dalam margin.
v  Ulangi langkah-langkah di atas bila ingin mengganti posisi Drop Cap.
b.      Cara edit DropCap
v  Pilih Drop Cap yang ingin diubah.
v  Pada Insert tab, Text group, klik Drop Cap dan pilih Drop Cap Options.





 








v  Pada bagian Position, atur posisi Drop Cap yang diinginkan.
v  Pada bagian Options, pilih:  Font: untuk mengubah tipe font Lines to drop: untuk mengatur tinggi baris Drop Cap, Distance from text: untuk mengatur jarak Drop Cap dengan teks dalam paragraf.
v  Klik OK bilas sudah selesai.
3.      Mengatur tabulasi
a.   Melalui ruler line
Mengatur jarak tabulasi dan mengubah Macam tabulasinya yaitu dengan cara klik pada tabulasi yang ada pada logo tab yang ada disebelah kiri atas pengaris dan pilih sesuai dengan keinginan seperti gambar dibawah ini.
Mengatur jarak tabulasi dan mengubah Macam tabulasinya yaitu dengan cara klik pada tabulasi yang ada pada logo tab yang ada disebelah kiri atas pengaris dan pilih sesuai dengan keinginan seperti gambar dibawah ini.
indent_003.jpg
Membuat tabulasi perataan kiri
indent_004.jpg
Membuat tabulasi perataan tengah
indent_005.jpg
Membuat tabulasi perataan tengah
Sedangkan cara membuat tabulasi dengan cara klik kiri satu kali pada pengaris/ruler dan secara otomatis akan muncul logo/lambang tabulasi. Sedangkan untuk mengeser tabulasinya tinggal tahan klik kiri dan geser (drag) sesuai dengan keinginan kita.
Dalam MS WORD, tabulasi atau disingkat tab sangat berperan dalam merapikan dokumen. Kita yang terbiasa menggunakan ms-word sudah pasti mengenal fungsi tab tersebut. Karena sangat berperan penting, maka akan diterangkan lebih jauh fungsi penggunaannya.

Fungsi tab ini antara lain untuk meratakan kata atau pun kalimat, bahkan satu huruf (karakter). Kali ini kita akan membuat sesuatu yang berbeda, namun sering digunakan
a)      Tab rata kiri, perhatikan tanda lingkaran merah dan kotak.
b)      Tab rata kanan, perhatikan tanda lingkaran merah dan kotak.

Text Box: Gambar 1.7tab3





c) Tab rata tengah, perhatikan tanda lingkaran merah dan kotak.
Text Box: Gambar 1.8tab4
Sedangkan cara membuat tabulasi dengan cara klik kiri satu kali pada pengaris/ruler dan secara otomatis akan muncul logo/lambang tabulasi. Sedangkan untuk mengeser tabulasinya tinggal tahan klik kiri dan geser (drag) sesuai dengan keinginan kita.
b.      Menu bar
Membuat Tanda Tabulasi secara Langsung dengan Mouse pada Mistar (Ruler) Langkah2 untuk menentukan sendiri secara langsung posisi tabulasi di Ruler :
a.       Di mistar (ruler), letakkan pointer mouse pada posisi skala (ukuran jarak) yang diinginkan
b.      Klik kiri mouse satu kali pada skala tsb, shg muncul tanda tab Left Tab ( ∟ ) pada mistar
c.       Untuk membuat lagi tanda tab di skala yang lain, lakukan hal yang sama seperti diatas
Memunculkan Kotak Dialog Tabs Langsung melalui Tanda Tabs di Mistar (Ruler) Langkah-langkah :
v  Letakkan pointer mouse diatas salah satu tanda tabulasi di mistar
v  Klik kiri mouse dua kali secara cepat, maka akan muncul kotak dialog Tabs
v  Lakukan pengaturan tabs sesuai keinginan
Menghapus Tanda Tabulasi pada Mistar (Ruler) Langkah-langkah :
v  Tekan dan tahan tombol mouse pada tanda Tab yang ingin dihilangkan yang ada di mistar, kemudian geser ke bawah hingga tanda tabulasinya hilang.
c.       Melalui loder karakter
Adalah karakter yang mengikuti Tab yang kita telah kita tempatkan. Contoh penggunaan Leader ini dapat kita temukan pada sebuah Daftar Isi, dimana ada karakter berupa titik-titik sebelum nomor halaman pada daftar isi tersebut.
a)      Tempatkan kursor pada posisi awal penggunaan tab stop
b)       Pada Tab Home, dalam Group Paragraph, klik Paragraph Dialog Box Launcher yang berbentuk icon kecil yang ada disudut kanan bawah.
c)       h.jpgPada kotak Dialog Paragraph, klik tombol perintah Tabs.Kotak dialog Tabs akan ditampilkan.







Text Box: Gambar 1.8
 


d)     Isilah kotak isian Tab stop position seperti yang diinginkan
e)      Klik salah satu jenis perataan pada area Alignment.
f)       Klik salah satu Leader
v  None, jika tidak memakai karakter leader
v  ........, jika memakai karakter pendahulu (leader) titik
v  - - - -, jika memakai karakter pendahulu (leader) tanda hubung
v  ____, jika memakai karakter pendahulu (leader) tanda garis bawah
g)      Klik tombol Set untuk menuliskan tabulasi
h)      Akhiri dengan meng-klik tombol OK

4.      Menghapus atau memindahkan tab stop
a.      Melalui ruler
Dengan cara menyeret simbol tabulasi ke luar ruler, jika ingin memindahkan tab stop, cukup dengan klik simbol tabulasi yang ada di dalam ruler, kemudian pindahkan ke kiri atau ke kanan sesuai yang diinginkan.
Text Box: Gambar 1.9tabs 1





b.      Melalui menu format art
Jika ingin menghapus atau memindahkan tabulasi pada menu format tab cara adalah :
v  Untitled-1.jpgPada menu bar home cari paragraf kemudian pada kotak dialog paragraf klik tabs dan akan muncul kotak dialog tabs. Lihat pada gambar:






Text Box: Gambar 1.10
 


v  Jika ingin menghapus satu tabulasi , cukup tekan clear dan jika ingin menghapus semua tabulasi klik clear all.
v  Untuk memindahkan tabulasi ,tinggal rubah angka atau jarak yang anda ingin kan pada kolom tab stop position.
E. Mengetik dengan kolom koran
Setiap pagi sebagian orang memiliki kebiasaan yang sangat bagus yaitu membaca koran, agar kita dapat mengetahui kejadian-kejadian yang telah terjadi di lingkungan kita. Disamping kita sebagai pembaca koran, mungkin suatu saat akan membutuhkan format tulisan seperti di koran. Oleh karena itu dalam tulisan ini saya akan membahas mengenai hal ini.
1.      Membuat kolom koran equel (lebar sama)
a.      Pilih menu Page Layout , Page Setup grup, klik Columns.
b.      Pilih Two untuk membuat dua kolom yang lebarnya sama
c.       Klik ok.

Untitled-1.jpg 








Text Box: Gambar 1.11    Contoh kolom koran yang lebarnya sama.

2.      Membuat kolom koran unequel (lebar tidak sama)
a.       Pilih menu Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.
b.      Pilih left  atau right sesuai yang anda inginkan, untuk membuat kolom koran yang lebarnya tidak sama. Jika memilih left untuk membuat kolom ke kiri lebih sempit, dan jika memilih right untuk membuat kolom ke kanan lebih sempit.


Untitled-1.jpg
 



                

                 

Text Box: Gambar 1.12Contoh kolom koran yang lebarnya tidak sama (left)

3.      Menampilkan naskah dengan model kolom pada layar penyuntingan
Untuk menampilkan model kolom langkah-langkahnya:
a.    Blok naskah yang ingin dibuat berkolom
b.   Klik page layout,
c.    Columns,di panahnya

Text Box: Gambar 1.13
d.   Pilih salah satu model kolom,klik dan lihat di monitor kerja anda hasilnya.
4.      Penyuntingan kolom
a.      Mengubah lebar kolom
a)          Pilih menu Page Layout tab, Page Setup grup, klik More Columns untuk menampilkan kotak dialog Columns.






Text Box: Gambar 1.14
 



b)      Untuk mengatur lebar kolom, ubah angka pada kotak Width.
c)      Untuk mengatur jarak antar kolom, ubah angka pada kotak Spacing.
d)     Klik OK bila sudah selesai.

b.      Mengubah lebar kolom dari equal ke anexequal
Untuk mengedit atau mengubah lebar kolom langkah-langkahnya:
a)      Blok naskah yang ingin di buat kolom
b)      Klik columns ditoolbar di sub menu page layout

Text Box: Gambar 1.15
c)   Klik more colums
d)   Ubah satuan atau ukuran Width sesuai keinginan
e)   Klik OK jika telah pas.

c.       Mengubah jumlah kolom
a)   Klik pada bagian kolom yang ingin diganti jumlahnya.
b)  Pilih menu Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns.
c)   Pilih jumlah kolom yang diinginkan.
v  One - 1 kolom.
v  Two - 2 kolom.
v   Three - 3 kolom.


v  Left - untuk membuat kolom kiri lebih sempit (hanya untuk 2 -   kolom).


 















                                                                                         









BAB III
PENUTUP
3.1  Simpulan
Adapun simpulan dari makalah di atas adalah:
A. Operasi file meliputi:
1.            Menyimpan dokumen
2.            Membuka file
3.            Menyimpan file hasil penyuntingan
4.            Membuat dokumen baru
5.            Menutup dokumen
6.            Keluar dari microsoft word
7.            Mencari suatu file
8.            Menyisipkan file ke dalam dokumen
B.     Mengatur Tampilan Naskah meliputi:
1.                                                                                    Format karakter
2.                                                                                    Format paragraph
3.                                                                                    Drop Capital
4.                                                                                    Mengatur tabulasi
5.                                                                                    Menghapus dan memindahkan tab stop
C.     Mengetik dengan Kolom Koran
1.                  Membuat kolom koran equel (lebar sama)
2.                  Membuat kolom koran unequel (lebar tidak sama)
3.                  Menampilkan naskah dengan model kolom pada layar penyuntingan
4.                  Penyuntingan kolom

3.2  Saran
   Adapun saran yang dapat saya sampaikan adalah:
1.   Kita sebagai mahluk social dan dinamis, harus mampu mengikuti alur perkembangan teknologi, guna membantu kita agar lebih mudah dalam melakukakn aktifitas sehari-hari.
2.   Kita sebagai calon guru SD pada khususnya, harus memahami betul bagaimana cara mengoperasikan Microsoft word, agar pada nantinya kita mampu memperkenalkan dan membelajarkan kepada siswa.