Kamis, 17 November 2011

RPP UJIAN PPL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.       Identitas Mata Pelajaran
Sekolah                           : SD No. 24 Dauh Puri
Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan           : Sekolah Dasar
         Kelas / Semester             : V/ 1
         Jumlah pertemuan          : 1 x Pertemuan

II.    Standar Kompetensi
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek.

III. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi Unsur Cerita tentang cerita (tokoh, tema, latar, amanat).

IV. Indikator
1.      Mengidentifikasi tema cerita yang telah disimak.
2.      Menulis watak tokoh cerita fiksi yang telah disimak.
3.      Menulis latar pada cerita fiksi yang telah disimak.
4.      Menyebutkan amanat yang tersirat dalam cerita fiksi yang telah disimak.

V. Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui tanya jawab setelah menyimak cerita pada LCD siswa dapat mengidentifikasi tema cerita yang telah disimak.
2.      Melalui panduan LKS setelah menyimak cerita pada LCD siswa dapat menulis watak tokoh pada cerita yang telah disimak.
3.      Melalui diskusi kelompok setelah menyimak cerita pada LCD siswa dapat menulis latar pada cerita yang telah disimak.
4.      Melalui menyimak cerita pada LCD siswa dapat menyebutkan amanat pada cerita yang telah disimak.

VI. Materi Ajar
                        Unsur-unsur cerita rakya pada umumnya meliputi;
a)      Tema adalah ide pokok sebuah cerita, yang diyakini dan dijadikan sumber cerita.
b)      Tokoh adalah individu ciptaan/rekaan pengarang yang mengalami peristiwa-peristiwa atau lakukan dalam berbagai peristiwa cerita. Pada umumnya tokoh berwujud manusia, dapat pula berwujud binatang atau benda yang diinsankan.
c)      Alur adalah urutaan atau rangkaian peristiwa dalam cerita. Pada umumnya alur dibedakan menjadi dua, yaitu alur maju dan alur mundur. Yang dimaksud alur maju adalah rangkaian peristiwa yang urutannya sesuai dengan urutan waktu kejadian. Sedangkan yang dimaksud alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian.
d)      Latar adalah segala keterangan, petunjuk, pengacuan yang berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita. Latar meliputi penggambaran letak geografis (termasuk topografi, pemandangan, perlengkapan, ruang), pekerjaan atau kesibukan tokoh, waktu berlakunya kejadian, musim, lingkungan agama, moral, intelektual, sosial, dan emosional tokoh.
e)      Nilai /amanat adalah pesan atau nasihat yang ingin disampaikan pengarang memalalui cerita.

VII. Alokasi Waktu
3  x 35 Menit = 105 Menit

VIII. Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran : Inquiri berbantuan Media LCD dan LKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamis, 17 November 2011

RPP UJIAN PPL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
I.       Identitas Mata Pelajaran
Sekolah                           : SD No. 24 Dauh Puri
Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan           : Sekolah Dasar
         Kelas / Semester             : V/ 1
         Jumlah pertemuan          : 1 x Pertemuan

II.    Standar Kompetensi
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek.

III. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi Unsur Cerita tentang cerita (tokoh, tema, latar, amanat).

IV. Indikator
1.      Mengidentifikasi tema cerita yang telah disimak.
2.      Menulis watak tokoh cerita fiksi yang telah disimak.
3.      Menulis latar pada cerita fiksi yang telah disimak.
4.      Menyebutkan amanat yang tersirat dalam cerita fiksi yang telah disimak.

V. Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui tanya jawab setelah menyimak cerita pada LCD siswa dapat mengidentifikasi tema cerita yang telah disimak.
2.      Melalui panduan LKS setelah menyimak cerita pada LCD siswa dapat menulis watak tokoh pada cerita yang telah disimak.
3.      Melalui diskusi kelompok setelah menyimak cerita pada LCD siswa dapat menulis latar pada cerita yang telah disimak.
4.      Melalui menyimak cerita pada LCD siswa dapat menyebutkan amanat pada cerita yang telah disimak.

VI. Materi Ajar
                        Unsur-unsur cerita rakya pada umumnya meliputi;
a)      Tema adalah ide pokok sebuah cerita, yang diyakini dan dijadikan sumber cerita.
b)      Tokoh adalah individu ciptaan/rekaan pengarang yang mengalami peristiwa-peristiwa atau lakukan dalam berbagai peristiwa cerita. Pada umumnya tokoh berwujud manusia, dapat pula berwujud binatang atau benda yang diinsankan.
c)      Alur adalah urutaan atau rangkaian peristiwa dalam cerita. Pada umumnya alur dibedakan menjadi dua, yaitu alur maju dan alur mundur. Yang dimaksud alur maju adalah rangkaian peristiwa yang urutannya sesuai dengan urutan waktu kejadian. Sedangkan yang dimaksud alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian.
d)      Latar adalah segala keterangan, petunjuk, pengacuan yang berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita. Latar meliputi penggambaran letak geografis (termasuk topografi, pemandangan, perlengkapan, ruang), pekerjaan atau kesibukan tokoh, waktu berlakunya kejadian, musim, lingkungan agama, moral, intelektual, sosial, dan emosional tokoh.
e)      Nilai /amanat adalah pesan atau nasihat yang ingin disampaikan pengarang memalalui cerita.

VII. Alokasi Waktu
3  x 35 Menit = 105 Menit

VIII. Metode Pembelajaran
1.      Model Pembelajaran : Inquiri berbantuan Media LCD dan LKS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar