Pembelajaran Matematika Konsep
Keliling dan Luas Lingkaran Melalui Penerapan Teori Belajar Jerome S. Bruner
Belajar
dianggap sebagai proses perubahan perilaku yang merupakan akibat dari
pengalaman dan latihan. Belajar bukan sekedar mengumpulkan pengetahuan tetapi
merupakan proses mental yang terjadi dalam diri seseorang, sehingga menyebabkan
perubahan perilaku. Aktifitas mental itu terjadi karena adanya interaksi
individu dengan lingkungan yang disadari. Banyak teori yang membahas tentang
proses perubahan tingkah laku tersebut, salah satunya adalah teori belajar dari
Jerome
S. Bruner.
Menurut Bruner untuk
memahami konsep-konsep yang sifatnya abstrak, dibutuhkan wakil (representasi)
yang dapat ditangkap oleh indera manusia.Bruner juga mengungkapkan bahwa dalam
proses belajar anak sebaiknya diberi kesempatan untuk memanipulasi benda-benda
(alat peraga). Melalui alat peraga yang ditelitinya itu, anak akan melihat
langsung bagaimana keteraturan dan pola struktur yang terdapat dalam benda yang
sedang diperhatikannya itu.
Bruner membagi tahap-tahap
diatas kedalam tiga tahap yaitu tahap enaktif,
tahap ikonik dan tahap simbolik.
1.
Tahap enaktif; dalam tahap
ini peserta didik di dalam belajarnya menggunakan atau memanipulasi, mengutak-atik obyek-obyek secara langsung.
2.
Tahap ikonik; pada tahap ini
menyatakan bahwa kegiatan anak-anak mulai menyangkut mental yang merupakan
gambaran dari obyek-obyek. Dalam tahap ini, peserta didik tidak memanipulasi
langsung obyek-obyek, melainkan sudah dapat memanipulasi dengan menggunakan
gambaran dari obyek. Pengetahuan disajikan oleh sekumpulan gambar-gambar yang
mewakili suatu konsep.
3.
Tahap simbolik; tahap ini
anak memanipulasi simbol-simbol secara langsung dan tidak ada lagi kaitannya
dengan objek-objek. Anak mencapai transisi dari pengguanan penyajian ikonik ke
penggunaan penyajian simbolik yang didasarkan pada sistem berpikir abstrak dan
lebih fleksibel. Dalam penyajian suatu pengetahuan akan dihubungkan dengan
sejumlah informasi yang dapat disimpan dalam pikiran dan diproses untuk
mencapai pemahaman.
Ciri khas
Teori Bruner dan perbedaannya dengan teori yang lain Teori Bruner
mempunyai ciri khas daripada teori belajar yang lain yaitu tentang
”discovery” yaitu belajar dengan menemukan konsep sendiri.
Beberapa konsep dalam pembelajaran matematika dapat diuraikan langkah-langkah
pembelajaran menurut Bruner, mulai modus representasi enaktif, ikonik, dan
simbolik. Seperti pada materi lingkarang, bagaimana siswa menemukan sendiri (discovery learning) konsep keliling dan luas
lingkaran.
Kegiatan pembelajaran yang berdasarkan teori Bruner
1.
Kegiatan awal
a.
Guru
melakukan apersepsi dengan membawa benda – benda konkret yang bentuknya
berbentuk bangun datar ; gelang, tutup Kaleng, bingkai foto, cermin, CD Room,
Kaset, dan benda lainnya. (enaktif) Kemudian guru menanyakan mana saja
benda yang berbentuk lingkaran.
b.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran tentang keliling dan luas lingkaran.
2.
Kegiatan Inti
a. Melalui benda – benda konkret (Gelang, Tutup
Kaleng atau benda berbentuk lingkran lainnya) guru mengenalkan tentang konsep
jari – jari lingkaran dan diameter lingkaran. (enaktif)
b. Guru mengajak siswa melakukan percobaan untuk
mencari nilai dan keliling lingkaran dengan membandingkan
sisi lingkaran dengan diameter lingkaran. (enaktif)
c. Siswa
menuliskan hasil pengamatan dalam bentuk tabel yang disediakan guru dalam LKS (ikonik).
No
|
Benda yang menyerupai Lingkaran
|
Keliling /panjang sisi benda (cm)
|
Diameter benda (cm)
|
Keliling
Diameter
|
1
|
Tutup kaleng
|
48
|
15,3
|
3,13725
|
2
|
Gelang
|
22
|
7
|
3,14285
|
3
|
Tutup Ember
|
100
|
32
|
3,12500
|
4
|
Cermin
|
21
|
6,7
|
3,13432
|
5
|
Tutup toples
|
32
|
10
|
3,20000
|
d.
Dari tabel diatas guru bersama siswa menyimbolkan
konsep keliling lingkaran kedalam rumus umum dengan mengambil dari pengukuran
tutup kaleng (simbolik)
== () = 3,14 = ()
=𝜋
Keliling
lingkaran = 𝜋 x
diameter lingkaran (d)
Kesimpulannya
K
= 𝜋.d atau K = 𝜋.2r
Keterangan rumus :
K : keliling lingkaran
d :
diameter lingkaran
r :
jari-jari lingkaran
𝜋 : konstanta
Beranjak
ke penemuan konsep luas lingkaran
e. Guru mengajak siswa melakukan percobaan
dengan menggunakan kertas karton yang diwarnai setengah bagiannya dengan warna yang
berbeda. (enaktif)
f. Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok
sesuai dengan jumlah siswa.
g. Setiap kelompok membuat lingakaran dari
kertas karton, kemudian memotongnya.
h. Siswa menempelkan hasil potongan tersebut
pada kertas manila/kertas gambar. Seperti gambar berikut.
i.
Siswa diajak mengamati potongan
juring-juring tersebut. ( ternyata tempelannya menjadi bentuk persegi panjang
dengan ukuran panjang (p)
mendekati setengah keliling lingkaran dan lebar (l) sama dengan jari-jari (r) )
j.
Dari temuan diatas guru bersama siswa
menyimbolkan konsep luas lingkaran kedalam rumus umum dengan mengambil dari
pengukuran tutup kaleng (simbolik)
Luas persegi panjang =
p x l
=
Keliling lingkaran x r
= x r
= 𝜋
x r2
Luas daerah persegi panjang = luas daerah lingkaran
𝜋r2 = luas
daerah lingkaran
Kesimpulannya :
Luas daerah lingkaran (L
) = 𝜋r2
3.
Kegiatan Akhir
a. Guru
bersama siswa merefleksi pembelajaran yang telah dilakukan kemudian
bersama-sama menyimpulkan pembelajaran tentang keliling dan luas lingkaran.
b. Guru
memberikan tes untuk mengevaluasi seberapa besar pemahaman siswa tentang konsep
keliling dan luas lingkaran. (terlampir)
SOAL EVALUASI
Hitunglah keliling dan
luas lingkaran di bawah ini!
1. 1111 Jika jari-jari lingkaran yaitu 10 cm.
2. Jika diameter lingkaran yaitu 14 cm.
3. jika diameter lingkaran yaitu 32 cm.
4. jika jari-jari lingkaran yaitu 12 cm.
KUNCI JAWABAN
1.dik : r =10 cm
3,14 cm
Ditanya: keliling
lingkaran dan luas lingkaran ?
Jawab .
a)
Keliling lingkaran
Rumus =2 x x r
=2 x
3,14 x 10
=62,8
cm
b)
Luas lingkaran
Rumus = x
=3,14 x
10 x10
=314 cm2
2) Dik :d 14 cm maka r
= .d
= .14
=7 cm
=
Ditanya
:
a)
Keliling lingkaran ?
b)
Luas lingkaran ?
Jawab :
a)
Keliling lingkaran
Rumus = 2 x x r
=2 x x 7
= 44cm
b)
Luas lingkaran
Rumus = x r2
= x 7 x 7
=
154 cm2
3)
Dik : d= 32 cm maka r = d
= .32
=16
3,14
Ditanya ;
a)
keliling lingkaran
b)
luas lingkaran?
jawab
:
a)
keliling lingkaran
Rumus
= 2 x x r
= 2 . 3,14 .32
=100,48
b. Luas lingkaran
Rumus = x r2
=3,14 x 16x 16
= 80,384 cm2
4. Dik : r = 12
Dit : Keliling dan Luas lingkaran
Jawab
:
a.
Keliling lingkaran
Rumus
= 2.
=
2 . 3.14 . 12
=
75,36
b.
Luas lingkaran
Rumus
= 2
=
3.14 . 12 .12
=
452,16 cm2
gambarnya ngk kelihatan?
BalasHapus